PENENTUAN POSISI DAN PENGUKURAN DASAR

Posted: April 16, 2012 in Uncategorized

Pada vegetasi dikenal bebrapa istilah yaitu kanopi, tajuk dan tegakan. Masing-masing pengertian dari istilah tersebut yaitu tajuk merupakan liputan daun pada vegetasi, tetapi hanya terdiri dari satu pohon. Kanopi merupakan kumpulan dari beberapa tajuk pada pohon. Tegakan merupakan satu kesatuan dari pohon.

Pemetaan vegetasi dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu interpretasi manual yang menggunakan berbagai kunci interpretasi dan juga digital dengan mengelompokkan piksel yang memiliki nilai pantulan yang berdekatan, selain itu juga dapat dilakukan dengan data lapangan. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, penggunaannya tergantung pada tujuan dari dilakukannya pemetaan vegetasi tersebut.

Faktor yang mempengaruhi tingkat akurasi estimasi kerapatan kanopi yaitu pengalaman, kejelasan citra, jenis citra dan skala yang digunakan. Kekeliruan dalam mengistimasi kerapatan kanopi terbagi menjadi kekeliruan yang bersifat overestimate yang berarti perkiraan dalam estimasi lebih tinggi daripada keadaan sebenarnya dan kekeliruan yang bersifat underestimate yang berarti perkiraan dalam estimasi lebih rendah daripada keadaan sebenarnya. Hal ini dapat menjadi pedoman badi interpreter dalam melakukan estimasi selanjutnya, karena mereka telah mengetahui ciri mereka dalam melakukan estimasi.

Peta kerapatan kanopi dalam aplikasinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti menghitung suplai biomassa, suplay bahan bakar kayu, dan juga studi erosi (Sigit, 2008)

DAFTAR PUSTAKA

Heru, Sigit. 2008. Petunjuk Praktikum Survei Penggunaan Lahan dan Vegetasi. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s