HISTOGRAM CITRA DAN PENAJAMAN KONTRAS

Posted: April 17, 2012 in Uncategorized

Histogram citra adalah suatu grafik yang menyatakan hubungan antara BV (brightness value) dengan frekuensi. Dari histogram pada suatu citra yang ada kita dapat menentukan berapa buah objek yang terdapat pada citra tersebut. Satu kurva sempurna mencerminkan satu buah objek. Jadi semakin banyak kurva yang terdapat pada suatu histogram maka semakin bervariasi pula objek pada citra tersebut. Untuk tiap band yang berbeda pada satu citra, memiliki histogram dengan bentuk kurva yang berbeda-beda pula.

Untuk penajaman citra sendiri meliputi semua operasi yang menghasilkan citra baru dengan kenampakan visual dan karakteristik visual yang berbeda (Projo, 1996). Citra baru disini maksudnya aadalah citra dengan kenampakan yang lebih bagus dibanding dengan citra aslinya.

Fungsi dari penajaman citra sendiri adalah untuk membuat kenamapakan visual citra menjadi jelas atau bagus sehingga nantinya mempermudah dalam menginterpretasi citra tersebut.

Sifat penajaman citra terbagi 2, yaitu :

  • Penajaman global (global enhancement) dimana seluruh piksel pada citra mendapat perlakuaan yang sama. Yang termasuk penajaman global, yaitu :

–          Penajaman linear

–          Perbesaran / pengecilan tampilan citra

–          Penajaman dengan operasi aritmetik

–          Penajaman dengan membuat citra komposit

–          Penisbahan citra, dll

  • Penajaman lokal (local enhancement) dimana setiap piksel dalam penajamannya tidak mendapatkan perlakuan yang sama. Yang termasuk penajaman lokal yaitu filter.

Penajaman kontras citra melaui histogram dapat dilakukan dengan cara :

  1. Perentangan kontras (contrast streching) yaitu dengan memindahkan kurva pada histogram, dimana nilai minimum pada citra dilakukan pergeseran ke nilai minimum yang lebih tinggi daripada nilai minimum asli. Perentangan kontrast juga bisa dilakukan dengan mengalikan nilai BV dengan konstanta tertentu sehingga mendapatkan bentuk histogram yang lebih lebar.
  2. Equalisasi histogram yaitu mengubah nilai frekuensi pada suatu citra sehingga histogram hasil equalisasi menjadi lebih halus atau berbeda dengan histogram citra aslinya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s