SKENARIO DAN ARAHAN PENGGUNAAN LAHAN

Posted: April 20, 2012 in Uncategorized

Ketidaksesuaian pemanfaatan lahan untuk suatu fungsi tertentu biasanya akan membawa masalah baik saat ini maupun saat yang akan datang. Selain itu, permasalahan penggunaan atau pemanfaatan lahan dapat timbul karena perkembangan pembangunan yang semakin pesat, sehingga akan menciptakan keadaan yang berbeda bagi daerah tersebut.

Seorang perencana harus mampu menganalisis masalah yang mungkin timbul di suatu daerah, baik masalah pemanfaatan lahan maupun masalah lainnya. Dari suatu masalah yang timbul terlebih dahulu dianalisis melalui data-data yang tersedia, apakah penyebab dari timbulnya masalah tersebut dan kemudian dapat menentukan daerah alternatifnya dan dibuat skenario untuk penanggulangannya.

Tentu saja daerah alternatif yang disarankan merupakan daerah yang lebih mempunyai keunggulan dari daerah lokasi sebelumnya, sehingga dikemudian hari tidak akan memunculkan masalah baru. Penentuan daerah alternatif harus memperhatikan keadaan yang ada sekarang dan memprediksi keadaan pada masa yang akan datang, karena merencanakan suatu lokasi untuk peruntukan tertentu tidak hanya berorientasi saat ini saja tetapi juga harus dijaga kesinambungannya untuk masa mendatang.

Penentuan lokasi alternatif yang direkomendasikan juga harus mempunyai dasar-dasar atau alasan mengapa tempat tersebut dipilih. Alasan atau dasar tersebut bisa meliputi penggunaan lahan, kebijakan, kondisi penduduk, ketersediaan lahan, dan sebagainya. Selain itu, skenario pembangunan kawasan tertentu dapat diambil dengan melihat berbagai potensi yang mungkin untuk mengubah kawasan tersebut dimasa depan dengan memperhatikan aspirasi masyarakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s